Selasa, 22 Oktober 2013

Ontbijtkoek

Pagi ini nyoba sarapan yang agak sedikit 'londo'hehehe...Ontbijtkoek, selalu susah nyebutinnya dan lidah agak sedikit keseleo, mungkin karena gak ngerti ejaan tepatnya seperti apa.
Ontbijtkoek atau "kue sarapan pagi", namun biasa disebut roti rempah dari Belanda. Gandum hitam merupakan baha yang paling penting sebagai pewarna coklat muda. sering dibumbui dengan cengkeh, kayu manis, jahe dan pala. Beberapa bagian dibelanda memeliki resep lokal mereka sendiri, yang paling terkenal adalah "Oudewijvenkoek" yang sebagian besar dimakan disebelah utara, dan dibumbui dengan adas manis. Ontbijtkoek ini awalnya disajikan saat sarapan dengan lapisan tebal mentega diatasnya, sebagai pengganti roti. karena manis, kue ini dapat juga dijadikan cemilan.
Resepnya, terinspirasi dari sini tapi bahannya gak persis sama karena menyesuaikan dengan bahan yang ada didapur. hasilnya...hmm....waktu masih dioven sudah haruuuuummm sekali..panas-panas gak sabar langsung dipotong dan enyyyaaaaakkkkk lembut. (padahal saya tidak menggunakan emulsifier atau pengembang/pelembut lainnya)..ditabur kelapa kering duhai aromanya semakin menggoda.


Resep a la dapur Hafi
Bahan:
5 butir telur
200 gr gula merah
110 gr terigu
20 gr tepung maizena
10 gr bubuk coklat
1 sdt bubuk kayu manis
75 gr butter yang dilelehkan

Cara Membuat:
Panaskan oven, siapkan loyang ukuran 20x20 cm oles dengan margarin dan taburi terigu
Kocok telur dan gula merah sampai kental dan berjejak. kecilkan kecepatan mikser, masukkan terigu, tepung maizena, coklat bubuk dan bubuk kayu manis. aduk sampai rata.
matikan mikser, masukkan butter yang telah dilelehkan. aduk balik
taburi atas cake dengan chocolate chips (kenari, almond atau kismis)

sile dicuba...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar