Rabu, 27 Agustus 2014

Es Kopyor Imitasi

Postingan telat lagi..

Akhirnya ngeblog lagi setelah lamaaaa sekali gak berminat buka-buka blog. Postingan ini sebenarnya dibuat waktu bulan puasa kemaren. Habis pindahan dari Takengon ke Medan, badan terkaget-kaget dengan panasnya udara Medan, gak seperti Takengon yang siang hari masih aja menggigil didalam selimut tebal. Bulan puasa, sekalian pindahan dicuaca yang panas itu memang rasanya sesuatuhh..pinginnya selalu meneguk yang segar-segar saja. Jadi coba iseng memanfaatkan bahan seadanya saja didalam kulkas, juga dengan foto yang seadanya juga (maklum barang-barang masih dalam kotak semua), jadilah es kopyor imitasi ini buat hidangan buka puasa. 

Es kopyor imitasi sebenarnya adalah agar-agar yang dimasak dengan santan dibentuk menjadi lembaran-lembaran tipis, kemudian disajikan dengan sirup dan es batu.


Es Kopyor Imitasi
Bahan Kopyor:
1 bks agar-agar (7gr)
700 ml santan sedang
75 gr gula pasir

1000 ml air es matang
2 bongkah es batu
sirup coco pandan (sirup merah sesuai selera, saya pakai sirup kurnia)

Cara Membuat:
Campur semua bahan kopyor, aduk rata. Rebus hingga mendidih, aduk terus jangan sampai santannya pecah. Matikan api, angin-anginkan hinggan uap panasnya hilang. Siapkan air dan es batu dalam satu wadah besar, tuang larutan kopyor diatas es batu hingga terbentuk lembaran-lembaran tipis. Sajikan kopyor bersama dengan sirup dan es batu. Selamat menikmati..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar