Selasa, 22 Mei 2012

cheese cake kukus

Seumur-umur gak pernah makan cheese cake (beneran), hihi..maklum udik. setelah nonton acara master chef junior, kok jadi ngiler banget dengan cake ini..ampun..ini cake yang benar-benar saya impikan sepanjang masa *lebay* karena saya pecinta keju. googling resep, ketemu tapi ternyata bikin cheese cake itu pake cream cheese. agak putus asa sebenarnya, mikir adakah cream cheese dikota kecil ini. cari-cari ke tbk, gak ada sama sekali bahkan mereka gak tau apa itu cream cheese. coba jalan ke food mart. ahhhaaa..ketemu..tapi hiks, harganya merobek kantong saya. 1 cup 250 ml harganya lebih dari 25rb yang dibutuhkan gak cuma 1 belum lagi seandainya gagal, waduh..akhirnya keinginan makan cake enak ini ditunda dulu lah setidaknya sampai saya pulang kampung kekota (bahasanya..). ditambah lagi saya gak punya loyang bongkar pasang. ya sudah lah semangat semakin surut.
Tapi ternyata pada suatu hari, ehmm...digroup makanan sehat yang saya ikuti (home made healthy baby food) ada salah satu anggotanya yang posting cheese cake kukus ala kadarnya. hmm..tak apalah dicoba, bathin saya. kalaupun belum bisa makan cheese cake a la tipi-tipi itu yah setidaknya yang a la kadarnya pun jadilah..tarraaa...dan ini dia hasilnya:
ternyata enaaakkk...ngeju bgt..dan tentunya Alma pun suka dan nagih terus *sesama pecinta keju*..
Ayah Alma yang biasa-biasanya kurang suka keju juga malah ketagihan, sebagian dibawa kekantor dan teman-temannya juga ikutan suka, dan seperti biasa, ehmm...ada yang mesan. Alhamdulillah.

ini dia resep cheese cake kukus:
Bahan: 
3 butir telur
2 sdm gula
6 sdm terigu
2 sdm maizena
5 sdm susu bubuk
250 ml susu uht
3 sdm SKM
125 gr keju cheddar parut
1,5 sdm tepung custard
5 sdm margarine
Cara membuat:
Masak susu uht, SKM, keju, dan tepung custard sampai mendidh dan agak kental. matikan api, masukkan margarine yang telah dicairkan. aduk rata. dinginkan.
kocok telur dan gula sampai benar-benar kaku, masukkan ayakan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. aduk rata. campurkan ke adonan susu. aduk rata. kukus sekita 20-25 menit.

10 komentar:

  1. di resep itu ada tulisan 3 sdm SKM,nah SKM itu apa yah...terus tepung custard itu kaya gimana saya gak ngerti

    BalasHapus
  2. di resep itu ada tulisan 3 sdm SKM,nah SKM itu apa yah...terus tepung custard itu kaya gimana saya gak ngerti

    BalasHapus
  3. SKM itu susu kental manis. tepung custard itu adalah tepung dari campuran tepung kentang atau maizena, gula, susu, kuning telur dan baha pengental lainnya. ada dijual dipasaran dengan berbagai merk. silahkan tanya ke TBK (toko bahan kue)

    BalasHapus
  4. kirain pake cheese cream, ternyata cheddar, gak rame ah :-)

    BalasHapus
  5. maizena itu gunanya buat apa ya di cheese cake nya?

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum, salam kenal mba. Saya tertarik sm resep cheese kukus ini. Mau tanya ya mba, kocok putuh telurnya sampai kaku mksudnya smpai hard peak puncak tumpul gitu ya mba?... atau smpi soft peak jambil petruk aja?.. saya bru belajar bikin2 kue ni mba. Mohon pencerahannya ya. Trima ksh sbelumnya. Afit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam..salam kenal kembali mba Afit. putih telurnya dikocok sampai soft peak aja mba

      Hapus
  7. Cheese cake kukus ini bs di oven/ dipanggang ga ya mba?.... Makasih by ida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba saja mbak, saya sendiri gak tau karena belum pernah coba. mungkin kalo mau dipanggang agar teksturnya ringan bisa dipanggang dengan cara au ban marie, jadinya ya seperti cheddar cheese cake

      Hapus
  8. Cheese cake kukus ini bs di oven/ dipanggang ga ya mba?.... Makasih by ida.

    BalasHapus