Jumat, 24 Oktober 2014

hujan-hujan nge'robek' (roti sobek)

Roti ini sebenarnya diadaptasi, cieee..adaptasi..dicontek maksudnya :p dari fluffy donatnya mbak Rani. Jadi ini sebenarnya adonan donat yang dijadiin roti niatnya sih buat mengurangi konsumsi minyak, pan mau ngirit. tepungnya juga pakai yang protein tinggi, soalnya yang protein sedang masih dieman-eman buat keperluan ngebakul


Ini dia resepnya yang agak ditambah kurang seadanya
Roti Sobek (dari resep flufy donat by: Rani Fadilla)
Resep:
- 200 ml susu uht, hangatkan sebentar saja jgn sampai mendidih
- 1 sdt ragi instan
- 1 sdt gula pasir
campur ketiga bahan tersebut, aduk rata diamkan sampai larutan berbusa dan mengembang

300 gr tepung protein tinggi (saya pakai cakra kembar)
3 sdm margarin
1/4 sdt garam

cara membuat:
Campur terigu dan larutan biang, aduk rata hingga setengah kalis, masukkan garam dan margarin. uleni hingga kalis elastis. fermentasikan adonan selama 1 jam, tutup dengan serbet atau plastik bersih. setelah 1 jam atau setelah adonan mengembang dua kali lipat, kempiskan adonan tersebut, uleni sebentar saja, bulatkan dan bentuk sesuai selera.

Karena saya mau ngirit dompet dan tenaga,hehehe...ngirit pikiran juga pastinya tapi tetap mau ngemil, maka roti ini saja jadikan roti sobek saja tanpa isian dan ditaburi keju cheddar parut..walau tanpa isian, roti ini cukup enak, lembut sekali, teksturnya mirip dengan roti labu kuning yang pernah saya bikin dahulu dan kelembutannya itu bertahan dua hari (gak mungkin lewat dua hari, dijamin gak bakalan nyampe dua hari rotinya dah habis)..JUARA..begitupun donatnya, sebenarnya sehari sebelum buat roti ini, resep donatnya langsung saya praktekkan juga, hmm...kelembutannya saingan dengan donat kentang, sayang gak sempat difoto karena keburu diserang sama prajurit..

Dicoba sajalah..

Huja-hujan ditemani kopi panas....ahhh...anak nangis pun tak terdengar :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar