Minggu, 16 Maret 2014

Donat Tanpa Telur

Selama disini bawaannya pingin ngemiiiill aja, karena udaranya dingin. tapi berhubung peralatan dapur yang dibawa cuma seadanya aja ditambah lagi disini bahan-bahan kue sangat terbatas, tidak banyak pilihan. jadi berusaha bikin cemilan-cemilan yang sederhana aja. 
Kebetulan sebelum pindahan sempat bikin donat kentang, dan sikakak suka. kali ini dia request donat lagi, tapi lihat stok didapur gak ada telur ya jadinya cari2 resep donat yang tanpa telur, ketemu disini. terimakasih ya mbak, izin nyontek resepnya. Ini saya copykan lagi, tapi karena kebetulan kemaren saya kehabisan tepung terigu protein sedang, jadinya pake terigu protein tinggi semua.


Bahan water roux (Tangzhong)
25 gr terigu protein tinggi
125 ml air

Bahan Utama
1 sdm ragi instan
50 ml air hangat
1 sdt gula pasir
250 gr terigu protein tinggi
1 sdm gula pasir
50 gr margarin

Cara membuat:
1. Water Roux: campur terigu dan air dan diaduk sampai licin. Nyalakan api kecil dan aduk sampai sedikit mengental. segera matikan api dan biarkan dingin sambil ditutup supaya tidak berkulit.
2. Campur ragi instan, air hangat dan 1sdt gulap pasir. biar kan sampai berbuih dan mengembang
3. Campur terigu, gula pasir, ragi instan dan adonan water roux uleni. masukkan margarin, uleni sampai kalis.
4. Fermentasikan adonan sampai mengembang dua kali lipat
5. Siapkan loyang bertabur terigu, kempiskan adonan. bentuk bulat-bulat dan letakkan diatas loyang. fermentasikan lagi selama 90 menit supaya mengembang.
6. panaskan minyak dengan menggunakan api kecil, lubangi bagian tengah donat. segera masukkkan dalam minyak dan goreng sambil diputar-putar menggunakan sumpit supaya donat bisa membulat bentuknya. perhatikan donat akan mengembang kembali.Jika bagian bawah sudah kuning kecoklatan, balik dan goreng sampai matang.
7. Angkat, tiriskan. setelah dingin beri toping sesuai selera

Selamat menikmati.. 
Menurut saya, walaupun donat ini dibuat tanpa telur tapi rasanya hampir sama dengan yang pakai telur, lembut tapi masih lembut donat kentang sih..tapi tetap enaklah...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar