Kamis, 06 November 2014

Pandan Chiffon Cake

Mungkin kalau dihitung-hitung, ini adalah percobaan saya yang ke-17 kali (lebay) bisa menaklukkan siotang untuk buat chiffon ini..sangat tricky..
Sebenarnya setelah beberapa kali percobaan, chiffon saya bisa dikatakan percobaan yang terakhir sebelum ini berhasil sih. Hasilnya tetap enak dan lembut, hanya saja saya tidak kurang puas dengan hasilnya makanya agak kurang pede buat 'moto' in nya, bagian atas masih agak sedikit lengket, mungkin perlu menambah waktu sedikit lagi. 
Kunci utama keberhasilan chiffon menurut saya selain pada pengadukan antara adonan dan putih telur, juga suhu dan lamanya pemanggangan. Bagi saya pengguna 'otang' memang ini agak sedikit sulit harus menebak-nebak berapa suhu oven saya.
Kesimpulannya setelah beberapa kali percobaan, api yang digunakan harus kecil, memang akan membutuhkan waktu yang lama, sekitar 90 menit, tapi chiffon yang dihasilkan akan merata naiknya. Tidak akan menjulang bagian tengahnya dan pastinya permukaannya mulus dan tidak akan pecah. 


Berikut resep yang sudah saya copy paste dari NCC

Pandan chiffon cake: by Fatmah BahalwanBahalwan
Saya hanya gunakan 1/2 resep untuk loyang diameter bawah 17 cm.

Adonan Pasta
50 g            Gula pasir
20 g            Susu bubuk full cream
20 g            Tepung maizena
140 g          Tepung terigu
1 sdt           BPDA
100 ml         minyak sayur
100 ml         santan sedang
140 g          kuning telur
1 sdt           pasta pandan


Adonan Putih Telur
300 ml        Putih telur
150 gr         Gula pasir
½ sdt          Garam halus
1 sdt           Cream of tartr (saya skip)


Cara Membuat:
  1. Panaskan oven 150 derajat Celsius.
  2. Adonan pasta: Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena , tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
  3. Adonan putih telur: Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar (jika pakai) hingga puncak tumpul (soft peak).
  4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
  5. Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm tanpa dioles apa-apa. Panggang kurang lebih 90 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
  6. Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
  7. Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue.
  8. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar